Sriwijaya akan transformasi bisnis menjadi maskapai penerbangan full service

 sriwijayaair-agen.blogspot.com > berita > Sriwijaya akan transformasi bisnis menjadi maskapai penerbangan full service

Sriwijaya akan transformasi bisnis menjadi maskapai penerbangan full service - JAKARTA. Maskapai penerbangan PT Sriwijaya Air berencana melakukan transformasi pelayanan penerbangan dari medium ke full service. Sriwijaya menargetkan proses transformasi itu sudah bisa terlaksana pada tahun 2013 nanti.

Wakil Direktur Sriwijaya Air, Hasudungan Pandiangan mengatakan rencana transformasi ke full service itu masih dalam tahap persiapan. Saat ini mereka tengah mempersiapkan konsepnya yang akan dilakukan secara bertahap. "Grand design pelayanannya akan selesai pada bulan Juli 2011," ungkap Hasudungan dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi V DPR RI, Selasa (18/1).

Untuk melakukan transformasi menjadi maskapai penerbangan full service itu, Hasudungan mengatakan Sriwijaya terlebih dahulu akan menambah 20 pesawat Boeing 737-800 next generation pada tahun 2012. Pesawat-pesawat itu akan dipergunakan untuk mengembangkan rute penerbangan di wilayah timur Indonesia terutama Papua.

Selain itu penambahan pesawat juga bertujuan untuk mempersiapkan penerbangan regional guna memanfaatkan perjanjian bilateral di bidang penerbangan pada negara-negara Asean dan juga pembelakukan open sky pada tahun 2015.

Selain itu, untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki, mereka juga akan membangun pusat pelatihan. Sebelumnya Sriwijaya Air telah mendirikan sekolah pilot di Pulau Bangka. Sekolah penerbangan itu dilengkapi dengan 2 pesawat latih.

Hasudungan mengatakan pihaknya akan menambah jumlah pesawat latih hingga jumlahnya mencapai 11 unit. "Dua tahun ke depan, kami targetkan sekolah itu sudah bisa mencetak 100 pilot," terang Hasudungan.

Sriwijaya Air juga telah meminta PT Angkasa Pura II untuk menyediakan lahan seluas 5 hektare (ha) di Cengkareng untuk keperluan perawatan dan haul service. Sebelumnya untuk perawatan pesawat Sriwijaya masih ditangani oleh Garuda Indonesia.

Saat ini Sriwijaya mengoperasikan sebanyak 27 pesawat yang melayani 37 rute penerbangan. Dari jumlah itu, sebanyak 35 rute merupakan penerbangan domestik. Sedangkan rute internasionalnya hanya dua yaitu Medan-Penang dan Jakarta-Singapura.

Dalam satu bulan, Sriwijaya mengangkut sekitar 6000 penumpang. Jumlah pilot yang dimiliki Sriwijaya berjumlah 160 orang.

Menanggapi rencana yang akan dilakukan oleh Sriwijaya itu, maskapai penerbangan full service PT Garuda Indonesia tidak merasa terancam. Direktur Operasi PT Garuda Indonesia, Ari Sapari mengatakan dalam sebuah persaingan yang terbuka, harus siap dengan munculnya pesaing baru di penerbangan full service. "Justru hal itu akan memacu kami agar melaju lebih cepat," ungkap Ari.

Sumber :
http://industri.kontan.co.id/v2/read/industri/56753/Sriwijaya-akan-transformasi-bisnis-menjadi-maskapai-penerbangan-full-service-
Tags:,

About Us - Kopas Brothers

sriwijayaair-agen.blogspot.com bukan merupakan situs resmi Sriwijaya Air, Blog ini merupakan Portal Informasi dan Berita terbaru! tentang Sriwijaya Air kami mengupdate setiap hari dan secara teratur setiap informasi terbaru dari maskapai penerbangan ini agar pengunjung blog ini dapat mengikuti perkembangan Sriwijaya Air.

Catatan! Semua informasi, gambar, video, dan berita yang ditampilkan di blog ini adalah milik masing-masing pemilik. Kami tidak memegang hak cipta!! semua artikel ini telah dikumpulkan dari berbagai sumber publik termasuk website yang berbeda, mengingat sumber-sumber tersebut berada dalam domain publik. [ Salam - Kopas Brothers ].
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...